Jumat, 21 November 2008

Penggunaan Alat Berat Akibat Ketidak Disiplinan Petugas


Akhirnya pengangkutan sampah menggunakan alat berat berupa loader (sebuat mesin buldozer). Ini adalah akibat dari tidak disiplinnya pengangkutan, tidak ada jadwal dan rencana yang berkesinambungan.... Jelas sudah bahwa metode lama tidak bisa menyelesaikan permasalahan sampah kota dan di manapun. Sampah adalah masalah makro dan timbul karena eksistensi masyarakat manusia, jadi peran serta masyarakat adalah mutlak. Tidak mungkin persoalan yang setiap waktu dan detik muncul bisa diselesaikan oleh instansi sekelas negara sekalipun, dalam hal ini pemerintah cukup berfungsi sebagai fasilitator dan pengembang tekhnologi yang ramah, jangan coba-coba metode baru yang belum jelas hasilnya dan dampaknya. semua hanya akan membuat masalah baru, sudah jelas banyak masalah dan masalah yang lama juga belum terselesaikan mau coba-coba yang baru.

Komposting dan 3R jelas metode kebijakan, mengurangi sampah pada sumbernya, mengguanakan kembali berarti penghematan dan mendaur ulang adalah upaya mengurangi ke sia-sia an. kemudian Komposting adalah metoda alam yang di adopsi untuk recovery land , tanah menjadi lebih surbur, ekosistem terjaga dan banyak manfaat lainnya.

Kalau saja manusia mau berpikir sedikit saja mengenai hal ini berbagai kerugian bisa terhindari dan ini semua mudah sekaligus tanpa resiko.

Tidak ada komentar: