Sabtu, 15 Agustus 2009

World Bank dan Pemkot Cimahi Mengunjungi Fokal

Lebih dari satu bulan blog ini tidak di up date, selain kegiatan fokal - masing-masing personal yang sudah berkeluarga semua disibukkan dengan kegiatan liburan sekolah anak-anak. Pertengahan july fokal memulai lagi kegiatan rutinnya berupa sosialisasi kepada warga untuk menuju pengelolaan sampah berbasis masyarakat. Demikian halnya dengan kegiatan di TPS (tempat pembuangan sampah sementara) di GCA. Pemilahan sampah organik dan komposting juga menemui babak baru dimana sampah organik menumpuk menunggu untuk dikomposkan setelah beberapa waktu terabaikan.

Tidak sampai dua pekan panen kompos sudah dua kali dengan volume yang menakjubkan 16 karung ukuran 50 kg (-/+ 500kg). Satu tumpuk kompos seharusnya dipanen satu pekan lebih awal, karena liburan sekolah maka panen dirapel 2 pekan kemudian).

Sebuah perkembangan baru, kali ini di TPS GCA kedatangan rombongan tamu pelajar dari SMU MUTHAHARI. Pada tanggal 30 July 2009 para pelajar yang dimotory guru-guru di ajak untuk lebih perduli dan mau melihat langsung bagaimana sampah di proses di TPS GCA. 200 orang siswa dan guru-guru meramaikan suasana komplek perumahan Griya Cempaka Arum yang biasanya sepi pengunjung....

Setelah kunjungan para pelajar SMU pada tanggal 11 agustus 2009 kembali Fokal kedatangan seorang tamu yang berkelas International, berkebangsaan Inggris, konsultan dari sebuah lembaga Lingkungan GLOBAL ENVIRONMENT FACILITY. ROB CRAIG di dampingi oleh beberapa perwakilan pemerintah kota dan salah seorang pemerhati lingkungan dari Jakarta. Rob Craig mensurvei dan banyak bertanya ; dari mulai ide, tekhnis dan non tekhnis sampai kepada biaya operational sehari-hari, termaksud seberapa besar perhatian dan dukungan pemerintah. Lunayan takjub Mr.craig mengetahui semua aktivis fokal adalah full volunteer di sandarkan dengan kegiatan yang sudah mampu mereduksi sampah sangat signifikan, sosialisasi, dan mendisiplinkan petugas.


ROB CRAIG DARI WORD BANK DAN ROMBONGAN


Tak lama berselang rombongan Mr.Craig meninggalkan GCA disusul kedatangan 3 orang (1 orang bapak dan 2 orang ibu) petugas dari pemerintah kota Cimahi dari Dinas Penyehatan Lingkungan dan Kebersihan (DPLK). Beliau-beliau ini sengaja diutus oleh pemerintah kota Cimahi untuk melakukan study perbandingan dengan kegitan di GCA. Rencananya tanggal 19 agustus 2009 yang akan datang akan membawa warga cimahi untuk sharing pengalaman dan bertukar ilmu serta pengalaman mengatasi persoalan persampahan kota.



dengan DPLK PEMKOT CIMAHI

Mudah-mudahan ini akan menjadi kebaikan bagi kita semua baik warga Bandung maupun Cimahi untuk menuju kepada perubahan radikal paradigma persampahan yang didukung oleh pemerintah kota baik lokal maupun interlokal. Ammin

Tidak ada komentar: